Kelainan Genetika Pada Retina

Admin   November 6, 2017   Comments Off on Kelainan Genetika Pada Retina

RetinaSalah satu kelainan mata yang bersifat genetik terhadap retina mata manusia (selaput jala) adalah buta warna. Buta warna merupakan kelainan yang disebabkan karena ketidakmampuan sel-sel kerucut untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu. Sex linked yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya dibawa oleh kromosom X. Dua saraf sel peka cahaya yakni sel batang, merupakan sel saraf yang peka terhadap cahaya atau warna hitam dan putih. Serta sel kerucut, merupakan sel saraf yang peka terhadap cahaya atau warna lainnya. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa buta warna terjadi ketika saraf reseptor cahaya pada selaput jala manusia mengalami masalah satu perubahan terutama pada sel kerucut.

Mengidentifikasi Buta Warna Pada Retina Manusia

Kelainan buta warna terhadap retina mata manusia diidentifikasikan menjadi 3 jenis yaitu trikomasi, dikromasi dan monokromasi. Kelainan buta warna trikomasi paling sering dialami, pada umumnya penderita mengalami kelemahan pada salah satu warna atau lebih sel kerucut. Contohnya adalah kelemahan sensitivitas terhadap warna merah (protanomali), kelemahan sensitivitas terhadap warna hijau (deuteranomaly) dan kelemahan sensitivitas terhadap warna biru (tritanomali). Kelainan buta warna dikromasi adalah kelainan buta warna dimana tidak adanya satu dari 3 jenis sel kerucut. Dikromasi ini terdiri dari tidak adanya sel kerucut yang peka terhadap warna merah (protanopia), tidak adanya sel kerucut yang peka terhadap warna hijau (deuteranopia) dan tidak adanya sel kerucut yang peka terhadap warna biru (tritanopia).

Sedangkan kelainan buta warna monokromasi merupakan jenis kelainan buta warna yang sangat langka dan jarang ditemukan. Karena seorang penderita buta warna monokromasi hanya mampu melihat warna hitam putih saja. Kelainan buta warna dapat dibuktikan dengan tes ishihara yang memanfaatkan lingkaran-lingkaran berwarna dengan tulisan-tulisan tertentu di dalamnya. Titik-titik lingkaran tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga seorang penderita buta warna tidak dapat melihat perbedaan warna yang dapat dilihat oleh mata orang normal. Buta warna terhadap retina mata manusia tidak dapat diobati akan tetapi dapat dibantu dengan bantuan kacamata lensa warna

Related posts: