Manfaat Si Pahit Pare Dan Efek Sampingnya

Admin   July 6, 2017   Comments Off on Manfaat Si Pahit Pare Dan Efek Sampingnya

tips kesehatanPeria atau biasa kita kenal dengan sebutan pare merupakan tumbuhan merambat dengan buah yang panjang dan runcing di ujungnya dengan permukaan yang bergerigi. Sayuran ini terkenal dengan rasa pahitnya yang membekas di lidah. Namun siapa sangka, sayuran dengan ciri khas kulit kutilan ini nyatanya banyak digemari oleh orang sunda sebagai menu lalapan dengan sambal atau dicampur dengan siomay. Paria alias pare (momordica charantia) ini dipanen sebelum masak, dimana buahnya masih terasa pahit. Namun disitulah letak kenikmatannya, orang sunda sering mengonsumsinya sebagai penambah nafsu makan. Pare sangat rendah kalori yaitu hanya 17 kalori per 100g. Dengan kandungan gizinya yang melimpah seperti Phyto Nutrein, Folat, Vitamin C, Flavonoid, Vitamin B Kompleks, dan serat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Serta Efek Samping Dari Buah Pare

Sayuran pare ini sangat diunggulkan oleh para penderita diabetes karena dapat mengendalikan kadar gula darah. Tak hanya itu buah dengan sebutan bitter melon ini dipercaya sebagai sumber yang kaya akan antioksidan yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghancurkan radikal bebas penyebab kanker. Belum lama ini peneliti menemukan adanya senyawa anti HIV/AIDS, senyawa tersebut diakui mampu menahan lagu perkembangan virus HIV/AIDS. Kandungan serat dan vitamin c di dalamnya sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Pare juga ditemukan zat anti-histamin, supresan, ekspektoran, danti inflamasi dan sifat anti virus yang membantu meringankan penyakit pernafasan seperti asma, bronchitis dan rhinitis.

Namun perlu diperhatikan pula efek samping yang ditimbulkan. Mengonsumsi pare dalam waktu yang cukup lama atau berlebihan justru tidak baik bagi penderita diabetes, apalagi jika dibarengi dengan obat diabetes dokter. Alhasil kadar gula malah jadi turun drastis. Zat momorcharin memiliki efek anti fertilitas yang tak hanya memberi efek kemandulan atau bahkan keguguran bagi wanita juga tidak baik untuk wanita menyusui, serta dapat mematikan sperma pada pria. Selain itu Bagi mereka yang memiliki anemia, sakit kepala, demam, dan nyeri perut sebaiknya hindari mengonsumsi pare. Bagi Anda yang hobi menyantap pare sebaiknya perhatikan porsi yang dimakan agar tidak mengonsumsi pare secara berlebihan.

Related posts: