Melawan Asma Dan Mengenali Gejalanya

Admin   July 8, 2017   Comments Off on Melawan Asma Dan Mengenali Gejalanya

tips kesehatanPenyakit asma merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita orang-orang di dunia, diketahui 1 dari 2 orang mengidapnya. Asma ialah suatu kondisi dimana penderitanya kesulitan bernafas karena adanya peradangan kronis pada saluran pernapasan yang membuatnya menyempit yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang. Meskipun begitu, penyakit asma bukanlah penyakit menular namun hingga saat ini belum ditemukannya obat untuk mengobati asma secara tuntas, tetapi hanya mengontrolnya saja. Penyebab dari penyakit asma sendiri masih belum diketahui pasti. Namun, beberapa faktor seperti faktor genetik dan lingkungan bisa menyebabkan asma.

Gejala Dan Pemicu Asma Serta Bagaimana Mengontrolnya

Gejala asma biasanya ditandai dengan batuk, mengi (suara siulan nyaring yang terdengar di setiap tarikan nafas), dada sesak dan sesak nafas. Bagi Anda yang memiliki kesamaan dengan gejala-gejala yang sudah disebutkan sebaiknya segera periksakan diri Anda untuk melakukan diagnosis asma agar mendapat penanganan yang tepat sehingga asma tidak semakin parah. Karena gejalanya yang bersifat berulang, gejala penyakit asma dapat dipicu oleh berbagai hal seperti bulu hewan, serbuk sari, tungau, debu, serangga, aktivitas fisik, udara dingin, polusi udara, stress, asam lambung yang naik, juga siklus menstruasi. Perlu diingat bahwa pemicu asma pada satu penderita dengan penderita lainnya dapat berbeda-beda. Namun, dengan mengetahui faktor-faktor pemicu tersebut setidaknya menjadikan Anda lebih waspada.

Kontrol yang buruk terhadap penyakit asma akan membuat gejalanya semakin parah, bahkan pada beberapa kasus dapat menyebabkan kematian. Karena asma bukanlah penyakit yang dapat disembuhkan, maka satu-satunya cara adalah dengan menggunakan obat-obatan dan merubah gaya hidup untuk mengendalikannya. Pengobatan yang diberikan biasanya menggunakan inhaler atau spacer. Spacer biasanya untuk melengkapi inhaler yang bertujuan untuk mengefektifkan obat-obatan yang dihirup masuk ke dalam sistem pernafasan. Hindari faktor-faktor gejala asma, jangan lupa deteksi apakah ada elergen di lingkungan Anda terutama lingkungan rumah. Lakukan vaksinasi flu dan vaksinasi alergi sebagai pencegahan asma. Kuatkan paru-paru Anda dengan olahraga sederhana seperti berjalan kaki.

Related posts: